Survei Vox Populi: Prabowo-Hatta 52,8%, Jokowi-JK 37,7%

Muhammad TaufiqqurahmandetikNews

Jakarta – Lembaga survei Vox Populi merilis hasil survei elektabilitas capres cawapres. Hasilnya, Prabowo-Hatta mengungguli pasangan Jokowi-JK.

Survei digelar pada 3-15 Juni 2014 dengan sampel sebanyak 4.898 responden. Margin error survei ini 1,8 persen. Survei dilakukan melalui pertanyaan tertutup dengan sistem wawancara di 402 kabupaten/kota.

“Prabowo-Hatta memperoleh suara 52,8 persen, sedangkan Jokowi-Kalla hanya 37,7 persen,” kata Direktur Eksekutif Vox Populi Basyinursyah dalam konferensi pers di Cikini Jakarta Pusat, Jumat (20/6/2014).

Basyinursyah mengatakan survei dilakukan terhadap berbagai kelompok masyarakat, mulai dari umur, status pekerjaan, tempat tinggal, dan latar belakang pendidikan.

“Dari berbagai kelompok masyarakat yang ada, terlihat bahwa Prabowo-Hatta selalu unggul elektabilitasnya dibanding Jokowi-Kalla,” ujarnya.

Pada survei itu, ditanyakan kepada para responden alasan utama memilih calon presiden secara umum. Sebanyak 23 persen responden menyatakan memilih pemimpin yang tegas dan 17,5 persen responden memilih pemimpin yang mampu di bidang ekonomi, serta 15,7 persen memilih pemimpin yang mampu menyejahterakan rakyat.

Kesimpulan pada survei ini sempat menuai banyak pertanyaan dari jurnalis peliput. Dalam kesimpulan disebutkan, “Tingginya elektabilitas Prabwo Hatta disebabkan oleh tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Prabowo Hatta dalam memecahkan segala persoalan yang dialami oleh bangsa ini, antara lain pengangguran, kesenjangan sosial, kedaulatan bangsa.” Padahal, pertanyaan kuisioner hanya, “Seandainya pemilihan langsung Presiden RI dilaksanakan hari ini, siapa yang akan dipilih?” dengan opsi jawaban Prabowo Hatta dan Jokowi Kalla.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s