KISAH MIRIP NABI NUH DI SIPIROK TAPSEL

 

Kalau kapal dibuat di galangan dekat pantai bukan berita. Tapi kapal dibuat di sebuah workshop di daerah pegunungan itu baru berita. Mengingatkan kita pada kisah Nabi Nuh membuat kapal di gunung. Dan sekarang kapal dibuat di dataran tinggi yang jauh dari pantai betul-betul terjadi di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.  Ini membuktikan bahwa Tapanuli sesungguhnya bisa mengerjakan pekerjaan yang luar biasa.

MENTERI PDT LUKMAN EDI PUJI PRODUK KAPAL FIBRE GLASS TAPSEL

Padangsidimpuan (SIB)

Menteri Pengentasan Daerah Tertinggal (PDT) RI Drs Lukman Edi puji kapal laut berbahan baku Fibre Glass produksi PT Tapanuli Selatan Membangun (PT TSM) di bawah naungan BUMD Tapsel. “Kalau ngak salah, tahun ini Sumut akan mendapat bantuan dana pembelian 2 unit kapal air. Saya minta Gubsu H Syamsul Arifin, SE tidak usah lagi membeli kapal dari pulau Jawa atau luar negeri tetapi pesan saja langsung ke Tapsel, sebab saya lihat kapalnya bagus dan harganya relatif lebih murah”, kata Bupati Tapsel Ongku P Hasibuan didampingi Kabag PMD Toga Mahaji MM menirukan ucapan Menteri PDT Lukman Edi saat meninjau stand pameran TTG tingkat Sumut di Tuk-tuk Kabupaten Samosir, Rabu (16/7).


Selain meminta Gubsu untuk membeli kapal dari Tapsel, Lukman Edi juga menanyakan lokasi pembuatan kapal air tersebut, sebab setahu Menteri PDT Kabupaten Tapsel tidak memiliki laut yang cukup luas. Namun dari informasi yang diterima Menteri PDT kapal tersebut diproduksi di sebuah workshop milik PT TSM berada pada dataran tinggi di di Desa Silangge Kecamatan Sipirok, “wah….! mungkin Tapsel lah satu-satunya daerah bukan saja di Indonesia tetapi di dunia yang memproduksi kapal air di sebuah dataran tinggi tanpa memiliki laut”, ujar Lukman Edi terkagum.
Selain memuji produk kapal laut, Menteri PDT juga memuji inovasi produk lain asal Tapsel di stand pameran seperti, Kincir Air berbahan bambu, Madu Salak, Racun Rumput, Shampoo Mobil dan Bio Gas,” stand Tapsel benar-benar menjadi salah satu stand primadona yang selalu dipadati pengunjung”, sebutnya.


Duta Sumut


Dalam pameran TTG tingkat Sumut tersebut, Pemkab Tapsel menjadi salah satu duta Sumut yang diutus ke pameran TTG tingkat nasional pada Oktober 2008 mendatang di Semarang bersama dengan Samosir (I) dan Tanjung Balai (III), karena stand Pemkab Tapsel berhasil keluar sebagai juara umum II. Kepastian itu diperoleh seiring datangnya surat resmi dari Pemprovsu ke BPMD Tapsel.


“Dari surat penghunjukan tersebut, Pemkab Tapsel disarankan melakukan berbagai persiapan menyangkut pameran TTG tingkat nasional, hanya saja dalam surat itu dijelaskan Pemkab Tapsel hanya akan memamerkan sebagian produknya seperti, Madu Salak, Racun Rumput dan Shampoo Mobil, “kami meminta doa restu seluruh masyarakat Sumut agar kita bisa meraih prestasi di ajang pameran paling bergengsi di Indonesia itu”, harap Bupati.


Disamping itu, kepada seluruh masyarakat dan segenap jajaran Pemkab Tapsel Bupati meminta agar jangan berpuas diri, namun prestasi yang dicapai harus terus ditingkatkan. Karenanya diminta semua orang harus terus berlomba menciptakan karya-karya terbaiknya yang dapat dipamerkan di Sumut, tingkat nasional bahkan internasional. “Mari terus mencipta dan berkarya demi mengangkat dan mengharumkan nama daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ajaknya.


Tentang bio gas yang dipamerkan, Bupati berkeyakinan sangat berpotensi untuk dikembangkan di Tapsel, sebab bahan bakunya sangat mudah diperoleh khususnya di beberapa kecamatan yang punya potensi ternak. “Beberapa kecamatan seperti Kecamatan Sipirok, Batangtoru, Batang Angkola dan Marancar tersebar bahan baku pembuatan bio gas itu”, ujar Bupati mengakhiri. (T7/x)

 

 

 

 

4 thoughts on “KISAH MIRIP NABI NUH DI SIPIROK TAPSEL

  1. Insan H

    Salut untuk PT TSM. yg sudah bisa buat kapal dari fiberglass. Tapi say nggak ngerti dengan metode plant yg dipakai? apakah tidak membebani biaya produksi, karena upah angkut yang lumayan jauh, karena konsumennya adalah para nelayan atau danau-danau yang jauh dari lokasi produksi.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s